Mengapa Gempa Selandia Baru Besar?

 


Headline
Gempa berskala 6,3 SR di Selandia Baru berdampak sangat meluas dan menghancurkan wilayah-wilayah yang dekat dengan titik pusat. Mengapa sangat merusak?
Seorang dosen di University of Canterbury Earth Sciences Professor John Townend menyatakan kepada Radio New Zealand, peristiwa gempa Selasa (22/2) ini terhubung dengan gempa sebelumnya pada 4 September 2010 lalu.
�Gempa susulan tidak berakhir begitu saja dan salah satunya memang bisa menjadi sebuah gempa yang besar,� ujarnya.
Salah satu kota yang paling parah terkena dampaknya adalah Christchurch. Komposisi kota ini adalah lumpur, pasir dan kerikil dengan tabel air di bagian bawahnya. Saat terjadi gempa bumi, air naik dan bercampur dengan pasir.
Berita sebelumnya menyebutkan, titik pusat gempa berjarak 40 km dari Christchurch. Namun ahli memprediksikan, titik tersebut berjarak 20 km pada kedalaman lima kilometer. Getaran terasa hingga Ibukota Wellington dan Kota Dunedin.
Warga menuturkan, getaran gempa berlangsung selama di bawah satu menit. Gempa ini juga merupakan yang terbesar sejak gempa berkekuatan 7,1 SR pada 4 September 2010 lalu
http://teknologi.inilah.com/read/detail/1259832/mengapa-gempa-selandia-baru-besar
Mengapa Gempa Selandia Baru Besar? 4.5 5 Unknown Gempa berskala 6,3 SR di Selandia Baru berdampak sangat meluas dan menghancurkan wilayah-wilayah yang dekat dengan titik pusat. Mengapa sang...